Sabtu, 07 Juli 2012

RANGKUMAN PEMBELAJARAN IPS MENGENAI PASAR



RANGKUMAN PEMBELAJARAN IPS MENGENAI PASAR


·         Pengertian pasar

·        Pasar konkret : adalah pasar dimana  penjual dan pembeli dapat bertemu untuk berjual beli barang.
·        Pasar abstrak : adalah pasar dimana penjual dan pembeli melakukan transaksi jual beli, dapat melalui sarana elektronika seperti, telepon, faksimili,  internet, dll.

·         Peranan pasar

·        Konsumen : mudah memperoleh barang.

·        Produsen : tempat mempromosikan dan mendapatkan bahan untuk diproduksi.

·         Pemerintah : memperoleh pendapatan dari pajak dan retribusi.

·         Fungsi macam - macam pasar

·        Pembentuk harga : kesepakatan dari tawar menawar ( harga pasar / keseimbangan ).
·        Distrbusi : hubungan menyalurkan barang antara produsen dan konsumen.
·        Promosi : pengenalan barang oleh produsen.
·        Penyerapan tenaga kerja : pedagang mempekerjakan orang oramg sebagai kuli angkut, pelayan tokon, dll.

·         Macam - macam pasar :

·         Berdasarkan wujud :
·         Pasar konkret ( pasar nyata ).
·        Pasar abstrak ( pasar tidak nyata ).

·        Berdasarkan luas kegiatannya :
·        pasar lokal ( pasar setempat ) : mempertemukan penjual dan pembeli dari satu daerah setempat saja.
·        Pasar daerah ( pasar wilayah ) : mempertemukan penjual dan pembeli dari satu daerah tertentu.
·        Pasar nasional : mempertemukan penjual dan pembeli dari berbagai wilayah dalam suatu Negara.
·        Pasar internasional : mempertemukan penjual dan pembeli dari berbagai Negara.

·         Berdasarkan waktunya :
·        Pasar harian : terjadi hampir setiap hari.
·        Pasar mingguan : terjadi seminggu sekali.
·        Pasar bulanan : terjadi sebulan sekali.
·        Pasar tahunan : terjadi setahun sekali.
·        Pasar temporer : terjadi pada waktu tidak ditentukan.

·         Berdasarkan jenis barang di perjual belikan :
·        Pasar barang konsumsi : untuk memperjual belikan barang konsumsi.
·        Pasar faktor produksi : untuk memperjual belikan faktor - faktor produksi.

·         Berdasarkan bentuk atau struktur :
·        Pasar persaingan sempurna : penjual dan pembeli sangat banyak dan ditentukan oleh kekuatan penawaran dan permintaan.
·        Pasar oligopoli : penjual bersaing dengan jumlah pembeli  banyak.
·        Pasar duopoli : penawaran barang dikuasai oleh dua perusahaan.
·        Pasar monopoli : terdapat satu penjual dan berhak menentukan harga dan barang jualnya.
·        Pasar monopsoni : terdapat satu perusahaan pembeli dan berhak menetapkan harga.
·        Pasar oligopsoni : pembelian suatu barang dipegang oleh beberapa perusahan.
·        Pasar persaingan monopolistic : terjadi persaingan antara pedagang  melakukan monopoli.













3 komentar: