RANGKUMAN
PEMBELAJARAN IPS MENGENAI PASAR
·
Pengertian pasar
·
Pasar konkret : adalah pasar dimana penjual dan pembeli dapat
bertemu untuk berjual beli barang.
·
Pasar abstrak : adalah pasar dimana penjual dan pembeli melakukan
transaksi jual beli, dapat melalui sarana elektronika seperti, telepon, faksimili, internet, dll.
·
Peranan pasar
·
Konsumen : mudah memperoleh barang.
·
Produsen : tempat mempromosikan dan mendapatkan bahan untuk
diproduksi.
·
Pemerintah : memperoleh pendapatan dari pajak dan retribusi.
·
Fungsi macam - macam pasar
·
Pembentuk harga : kesepakatan dari tawar menawar ( harga
pasar / keseimbangan ).
·
Distrbusi : hubungan menyalurkan barang antara produsen dan
konsumen.
·
Promosi : pengenalan barang oleh produsen.
·
Penyerapan tenaga kerja : pedagang mempekerjakan orang oramg sebagai
kuli angkut, pelayan tokon, dll.
·
Macam - macam pasar :
·
Berdasarkan wujud
:
·
Pasar konkret (
pasar nyata ).
·
Pasar abstrak ( pasar tidak nyata ).
·
Berdasarkan luas
kegiatannya :
·
pasar lokal ( pasar setempat ) : mempertemukan penjual dan pembeli
dari satu daerah setempat saja.
·
Pasar daerah ( pasar wilayah ) : mempertemukan penjual dan pembeli
dari satu daerah tertentu.
·
Pasar nasional : mempertemukan penjual dan pembeli dari berbagai
wilayah dalam suatu Negara.
·
Pasar internasional : mempertemukan penjual dan pembeli dari
berbagai Negara.
·
Berdasarkan waktunya
:
·
Pasar harian : terjadi hampir setiap hari.
·
Pasar mingguan : terjadi seminggu sekali.
·
Pasar bulanan : terjadi sebulan sekali.
·
Pasar tahunan : terjadi setahun sekali.
·
Pasar temporer : terjadi pada waktu tidak ditentukan.
·
Berdasarkan jenis
barang di perjual belikan :
·
Pasar barang konsumsi : untuk memperjual belikan
barang konsumsi.
·
Pasar faktor produksi : untuk memperjual belikan faktor
- faktor produksi.
·
Berdasarkan bentuk
atau struktur :
·
Pasar persaingan sempurna : penjual dan pembeli sangat banyak dan
ditentukan oleh kekuatan penawaran dan permintaan.
·
Pasar oligopoli : penjual bersaing dengan jumlah pembeli banyak.
·
Pasar duopoli : penawaran barang dikuasai oleh dua perusahaan.
·
Pasar monopoli : terdapat satu penjual dan berhak menentukan harga
dan barang jualnya.
·
Pasar monopsoni : terdapat satu perusahaan pembeli dan berhak
menetapkan harga.
·
Pasar oligopsoni : pembelian suatu barang dipegang oleh beberapa
perusahan.
·
Pasar persaingan monopolistic : terjadi persaingan antara pedagang melakukan monopoli.
gOOD ...
BalasHapusis The besT.....:-)
BalasHapusyour is friend***
BalasHapus